Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Bagi anda yang menderita penyakit asam lambung , memilih-milih makanan menjadi sangat penting dan bisa cukup membingungkan. Salah memilih makanan dapat membuat asam lambung naik dan GERD pun kambuh. Berikut ini adalah makanan pilihan untuk penderita penyakit lambung.

Maknan seperti cokelat, makanan berlemak, makanan pedas, buah asam, tomat, bawang bombay, dan bawang putih umumnya merupakan pemicu GERD. Gejala penyakit asam lambung bisa berupa mual, muntah, kembung, perut panas, atau makan kembali naik ke kerongkongan. Efek setiap makanan juga dapat berbeda setiap orang, guna mengontrol gejala yang mungkin muncul, cobalah untuk lebih memperhatikan makanan apa saja yang dapat menjadikan pemicu GERD yang anda miliki.

Beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi gejala penyakit asam lambung yang mungkin muncul, diantaranya:
  • Oatmeal. Penderita asam lambung ,e,erlukan makanan yang kaya akan serat untuk mengatasi gejala penyakit asam lambung, Oatmeal dapat menyerap asam lambung sehingga menurunkan gejala reflukx. Selain itu oatmeal juga tidak kaya kan serat tapi membuat anda kenyang lebih lama.
  • Jahe. Jahe memberikan rasa hangat tapi juga dapat mengurangi risiko naiknya asam lambung. Dengan kandungan anti-inflamasi yang dimiliki oleh jahe, jahe mampu mengatasi masalah pencernaan, dan dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung atau maag. Anda dapat mengonsumsinya dengan dijadikan minuman teh jahe hangat.
  • Lidah buaya. Dengan kandungan di dalamnya yang dapat berfungsi sebagai penyembuh alami, lidah buaya sudah terpercaya dapat mengobatai asam lambung dan selain itu lidah buaya dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman, lidah buaya juga dapat berfungsi sebagai cairan penggumpal dan pengental.
  • Sayuran hijau. Seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis dan asparagus yang memiliki kandungan yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung. Sehingga sayuran-sayuran bagus dikonsumsi sebagai makanan untuk penderita asam lambung.
  • Daging dan lemak. Dengan mengkonsumsi maknan yang berlemak dan berminyak tidak disarankan untuk penderita penyakit asam lambung, sehingga jika anda mengkonsumsi ikan, makanan laut atau daging disarankan memilih yang tanpa lemak, tanpa kulit, dan diolah dengan cara dipanggang, dikukus, direbus, atau pun dibakar.
  • Pisang. Pisang memiliki kandungan pH sekitar 5,6 di dalamnya, pisang menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk penderita penyakit asam lambung. Selain pisang buah-buahan lainnya yang dapat dikonsumsi anatara lain buah pir, buah apel, atau buah melon.
  • Roti. Sedangkan untuk roti, pilihan roti yang disarankan dikonsumsi penderita asam lambung adalah roti yang memiliki kandungan gandum atau biji-bijian di dalamnya. Pasalnya roti jenis ini mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk tubuh dan kesehatan lambung.
Selain memasukan beberapa jenis makanan untuk penderita asam lambung ke dalam menu harian anda. Perhatikan juga beberapa han yang dapat memicu naiknya asam lambung. Hindarilah tidur setelah makan, merokok, dan makan makanan dalam porsi besar atau makan hingga kenyang, dan mengkonsumsi minuman bersoda atau beralkohol. Dan jangan biarkan asam lambung yang naik mengganggu kenyamanan anda dalam beraktivitas dan konsumsilah beragam makanan untuk penderita asam lambung di atas dan nikmati manfaat yang bisa anda rasakan.

0 Response to "Makanan Untuk Penderita Asam Lambung"

Posting Komentar