Beberapa Penyakit Yang Sering Menyerang Lambung


Lambung merupakan salah satu organ dalam sistem pencernaan manusia yang berfungsi untuk mencerna makanan dan menyerap beberapa sari-sari makanan. Lambung juga berfungsi untuk melumatkan makanan hingga benar-benar hancur seperti bubur. di dalam lambung terdapat enzim renin, pepsin, dan asam klorida.

Penyakit lambung seringkali disebabkan oleh asam lambung yang dikeluarkan secara berlebihan. Berikut adalah macam-macam penyakit pada lambung :

Maag

Maag atau tukak lambung merupakan peradangan pada dinding lambung yang disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan. Asam lambung rutin keluar untuk membantu menghancurkan makanan. Tapi jika tidak ada makanan dalam jangka waktu tertentu, maka asam lambung akan mengikis dinding lambung. Saat asam lambung mengenai saraf, terjadilah rasa sakit yang luar biasa yang kita sebut sebagai penyakit maag.

GERD (Gastro-Esophageal Reflux Disease)

GERD adalah kerusakan kronis pada mukosa lambung yang disebabkan oleh asam lambung yang terus mengikis dinding lambung. Penyakit ini mirip seperti penyakit maag. Namun ada gejala khusus yang membedakan seperti sakit saat menelan, rasa asam dimulut, sering bersendawa, dan sering terserang radang tenggorokan.

Gastritis

Gastritis merupakan peradangan pada lapisan lambung. Penyebab penyakit ini adalah terlalu banyak minum-minuman beralkohol, penggunaan jangka panjang obat aspirin dan ibuprofen. Penyakit ini juga bisa muncul setelah operasi, luka trauma, luka bakar, atau infeksi berat. Penyebab kronisnya adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori, refluks empedu dan stres.

Kanker Lambung

Kanker lambung adalah adanya sel kanker yang berkembang di area lambung. Penyebab dari kanker lambung ini adalah bakteri helicobacter pylori  dan merokok.

Tumor Lambung atau Polip Lambung

Tumor lambung merupakan tumor yang ditandai dengan tumbuhnya polip (bintil-bintil) pada lambung. Tumor ini masih bisa diangkat dan tidak berbahaya karena tidak menyebar ke organ tubuh lain. Penyebab tumor lambung ini adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan bernitrat. Nitrat adalah zat pengawet yang bisa terdapat didalam minuman dan makanan kemasan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang diasinkan dan diasap serta meroko juga dapat meningkatkan resiko terkena tumor lambung. Waspada tumor lambung bisa berkembang menjadi kanker lambung .

0 Response to "Beberapa Penyakit Yang Sering Menyerang Lambung"

Posting Komentar