Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Lambung


Banyak sekali orang yang menderita penyakit serius pada lambung seperti tukak lambung, asam lambung, maag, dan lambung bocor. Organ lambung menjadi pusat sistem pencernaan yang akan menggilas semua makanan yang masuk ke dalam perut. Penyebab dari lambung rusak antara lain disebabkan oleh beberapa makanan tertentu yang tidak baik untuk lambung seperti makanan pedas, asam, makanan berpengawet dan berminyak.

Untuk menjaga kesehatan lambung, anda bisa mencoba mengonsumsi makanan-makanan dibawah ini :

Sayuran

Sayuran sangat baik untuk kesehatan lambung karena kandungan seratnya yang tinggi dan memperlancar pencernaan.

Kacang kedelai

Kacang kedelai mengandung protein nabati yang baik untuk menjaga kesehatan lambung dan memperkuat otot-otot perut. Kandungan lesitin pada kacang kedelai juga bisa mengemulsi dinding lambung. Serta antioksidan yang bagus untuk mempercepat penyembuhan infeksi pada lambung.

Pepaya

Buah pepaya mengandung antioksidan dan serat yang bermanfaat sebagai detoks untuk membersihkan racun. Lambung kita selalu mencerna berbagai macam makanan dan kemungkinan terdapat racun yang dihasilkan dari zat yang keluar dari makanan tersebut.

Oatmeal

Oatmeal adalah sumber karbohidrat berserat tinggi yang bisa melancarkan pencernaan. Serat dalam oatmeal akan mengurangi gesekan saat lambung meremas makanan.

Pisang

Potassium dan mangan dalam buah pisang dan teksturnya yang lembut bisa memberikan perlindungan untuk dinding lambung.

Beras merah

Nasi merah rendah karbohidrat tunggal, sehiingga lambung tidak akan kesulitan mencernanya.

Brokoli

Antioksidan yang terkandung dalam brokoli bisa mencegah kanker paada lambung. Antioksidan ini juga bermanfaat untuk mempercepat perbaikan luka pada lambung.

Alpukat

Alpukat mengandung senyawa yang baik untuk menjaga kesehatan lambung. Kandungan lemak tak jenuh sangat baik untuk melindungi dinding lambung dari luka atau infeksi. Alpukat juga mengandung protein yang baik untuk memperkuat otot lambung.

Yoghurt

Susu fermentasi seperti yoghurt mengandung prebiotik alami yang dapat melawan infeksi bakteri dan kuman yang masuk ke dalam lambung melalui makanan.

Air putih

Air putih baik untuk menjaga keseimbangan PH lambung. Air putih juga dapat membuang racun dan membersihkan lambung.

Selain memasukan beberapa jenis makanan untuk menjaga kesehatan lambung pada menu harian anda, perhatikan juga beberapa hal yang dapat memicu rusaknya kesehatan lambung seperti jangan tidur setelah makan, tidak merokok, hindari makanan asam, pedas, berpengawet dan berminyak. Serta jangan makan terlalu kenyang, jangan mengonsumsi alkohol dan soda.

0 Response to "Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Lambung"

Posting Komentar